Monday 9 October 2017

Pengemasan Induk Udang Windu pada Sarana Angkutan Udara (Ringkasan SNI 01-6142.1-2002)



BATASAN
Pengemasan induk udang windu pada sarana angkutan udara adalah suatu kegiatan untuk mendapatkan kemasan yang aman bagi induk udang windu dan keselamatan penerbangan.  Standar ini menetapkan persyaratan, tata cara pengemasan. 

PERSYARATAN
1)   Bahan kemas : kotak styrofoam, lakban, dan strapping ban, kantung plastik pengangkut induk, kantung plastik pembungkus styrofoam, kardus.
2)   Air laut : bersih, bebas patogen karantina dan salinitas sesuai dengan asal induk
3)   Kepadatan induk : dalam lama pengangkutan sarana angkutan udara sesuai pada tabel dibawah ini.
Tabel : Pengangkutan sarana angkutan udara

TATA CARA PENGEMASAN
1)   Induk diadaptasikan pada suhu 18 – 22ºC dan rostrum dipasang pelindung/pentil ban untuk mencegah kebocoran kantong plastik
2)   Induk dimasukkan kedalam kantong plastik yang telah diisi air dengan suhu antara  18 – 22ºC : berdasarkan catatan lama pemeliharaan atau pembesaran, serta berdasarkan pengamatan bentuk telikum individu betina 
3)   Kantong plastik yang sudah berisi induk udang diisi oksigen dengan volume sesuai tabel. Selanjutnya ujung kantong plastik diikat erat dengan karet gelang kemudian dimasukkan ke dalam styrofoam.
4)   Untuk menstabilkan suhu selama pengangkutan diberi es batu dalm plastik yang dibungkus kertas maksimum 5 % volume air.
5)   Kotak styrofoam yang telah berisi induk udang ditutup rapat dengan tutup styrofoam dan dieratkan dengan lakban.
6)   Kotak styrofoam kemudian dimasukkan kedalam kantong plastik, diikat dengan karet gelang dan dimasukkan ke dalam kardus.
7)   Kardus selanjutnya diikat dengan strapping ban pada kedua sisinya.
8)   Kardus yang sudah diikat dan ditimbang diberi label sesuai SNI 19-4855-1998 pasal 6
9)   Kardus diberi stiker atau tulisan “Jangan di balik” dan “ Jangan terpapar sinar matahari langsung”.

REFERENSI
BSN, 2002. SNI  01- 6142.1-2002  Pengemasan Induk Udang Windu pada Sarana Angkutan Udara. Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.
https://www.google.co.id/search

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...