Thursday 19 October 2017

Benih Udang Galah (Macrobrachium rosenbergii de Man) Kelas Benih Sebar (Ringkasan SNI 01-6486.2-2000)



BATASAN
Standar ini menetapkan klasifikasi, persyaratan produksi serta cara pengukuran dan pemeriksaan. Klasifikasi : larva, juwana dan tokolan yang digolongkan dalam satu tingkatan mutu berdasarkan kriteria kualitatif dan kuantitatif. 

PERSYARATAN
Kualitatif
1)   Larva : warna coklat kehitaman, gerakan aktif, organ tubuh normal, bersih tidak berlumut dan ukuran seragam. 
2)   Juwana : berwarna transparan, kecoklatan/kehitaman, punggung tidak berwarna keputihan atau kemerahan. Gerakan aktif, tubuh lengkap seperti dewasa, ukuran tubuh seragam. Pertumbuhan normal, responsif, berenang mendekati sumber cahaya dan responsif terhadap pakan yang diberikan. 
3)   Tokolan : warna timbul pengaruh pakan serta umur pemeliharaan. Organ lengkap dan normal, gerakan aktif. 

Kuantitatif
Persyaratan kuantitatif larva, juwana dan tokolan udang windu seperti pada tabel dibawah ini.
Tabel : Persyaratan larva, juwana dan tokolan udang windu


CARA PENGUKURAN DAN PEMERIKSAAN
1)   Umur : dihitung sejak telur menetas. 
2)   Panjang total : diukur mulai pangkal ujung depan kepala hingga ekor dengan mikrometer, satuan mm; 
3)   Juwana dan Tokolan diukur mulai rostrum hingga uropoda menggunakan jangka sorong atau penggaris, satuan mm; Bobot badan benur dan tokolan diukur dengan timbangan analitis dalam satuan mg. 
4)   Pemeriksaan kesehatan : dilakukan sebanyak 10% dengan jumlah ≥ 30 ekor; pengamatan visual untuk memeriksa gejala penyakit dan kesempurnaan morfologi udang, pengamatan mikroskopik untuk menentukan adanya jasad patogen (parasit, jamur, virus dan bakteri).
Mengukur keseragaman : membandingkan ukuran sampel benih. Dikategorikan seragam bila 80% dari populasi benih relatif sama.

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...