Wednesday 4 March 2015

MEMAHAMI KONSEP PERBAIKAN KESELARASAN DI ANTARA STRATEGI PENGELOLAAN DAN RENCANA ZONASI KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN

1. Alasan melakukan analisis keselarasan di antara strategi dan rencana zonasi KKP

Proses pengembangan rencana manajemen harus mempertimbangkan pembentukan zona untuk mengontrol penggunaan dan akses serta untuk mengatasi konflik. Beberapa KKP cukup sederhana dan hanya memiliki zona satu, sementara KKP lainnya ada yg mengikuti model cagar biosfer dalam zona konsentris. Berbagai zona dibuat untuk mengelola kegiatan seperti berperahu, penelitian, pariwisata dan akses umum. Dalam semua kasus, salah satu langkah pertama dalam proses zonasi adalah mengkaji pengaturan wewenang KKP untuk memastikan bahwa Anda memiliki wewenang untuk mengendalikan dan mengatur kegiatan yang dilakukan oleh manusia di dalam KKP.
Mengembangkan zona yang efektif dan dapat dipatuhi serta disepakati oleh semua kalangan adalah gabungan ilmu pengetahuan dan seni. Ilmu pengetahuan tentang zonasi dan peraturan berkaitan dengan lokasi dan luas zona serta dengan penggunaan bahasa yang tepat diperlukan untuk membantu tercapainya tujuan KKP. Zonasi dan peraturan harus, pertama dan terutama, didasarkan pada pemahaman yang akurat tentang kondisi biologi, sosial, ekonomi dan budaya daerah tersebut. Langkah kedua dalam proses pengembangan peraturan dan zonasi bertujuan untuk mempelajari karakter lokasi. Bisa saja selama tahap karakterisasi lokasi, tim perencana sudah dapat membuat peta biologi, fisik, manusia, dan nilai-nilai KKP. Gunakanlah peta tersebut sebagai rujukan ketika menentukan lokasi dan luasan setiap zona peruntukan.
Seni dari pembuatan zonasi dan peraturan adalah proses bekerja bersama para pemangku kepentingan untuk mengidentifikasi zonasi dan peraturan yang saling menguntungkan dan dapat dilaksanakan. Proses pengembangan zonasi dan peraturan dapat sangat rumit karena mempertimbangkan masukan dan pendapat dari berbagai pemangku kepentingan. Masukan dari mereka harus dipertimbangkan sesuai dengan tujuan yang telah dikembangkan untuk area tersebut.

2.         Cara melakukan analisis keselarasan di antara strategi pengelolaan dan rencana zonasi KKP

LANGKAH 1:Meninjau peraturan mengenai kewenangan KKP untuk memastikan bahwa KKP memiliki kewenangan dalam mengontrol dan mengatur kegiatan manusia di dalam KKP.
LANGKAH 2:Meninjau karakterisasi kawasan Anda untuk membangun pemahaman umum dan yang telah disepakati oleh tim perencanaan pengelolaan mengenai lokasi dan pengaturan secara biologi, fisik, pemanfaatan oleh manusia dan nilai-nilai (ekonomi dan intrinsik) KKP.
LANGKAH 3:Meninjau tujuan akhir dan tujuan rencana pengelolaan yang telah ditetapkan oleh tim perencanaan, karena Anda akan menggunakan zonasi dan peraturan sebagai alat pengelolaan untuk memenuhi tujuan akhir dan tujuan tertentu.
LANGKAH 4:Meninjau strategi pengelolaan prioritas yang baru diselesaikan oleh tim perencanaan untuk menentukan kemungkinan terdapat kesenjangan dalam memenuhi tujuan pengelolaan.
LANGKAH 5:Dengan menggunakan peta Anda sebagai rujukan, tentukan bagaimana zonasi dan peraturan dapat digunakan untuk membantu mencapai tujuan pengelolaan.

3.   Tujuan evaluasi terhadap usulan strategi pengelolaan

Tujuan dari mengevaluasi strategi pengelolaan adalah untuk menentukan apakah strategi yang diusulkan sudah sesuai untuk mengatasi dampak yang dialami oleh sumber daya sasaran. Dari evaluasi ini akan diketahui strategi mana saja yang akan dicantumkan dalam rencana pengelolalan dan strategi lain yang diperlukan.  Tahap ini merupakan pengenalan menuju langkah selanjutnya yaitu, memprioritaskan strategi pengelolaan.
Karena Anda bekerja biasanya dengan sumber daya staf dan keuangan yang terbatas, Anda tidak dapat memilih segala kegiatan atau strategi yang tidak secara maksimum mengurangi tekanan pada sumber daya yang akan dilindungi.  Dengan menggunakan serangkaian pertanyaan, Anda akan dapat menentukan apakah suatu kegiatan atau strategi yang diajukan akan bermanfaat bagi sumber daya sasaran, baik secara langsung maupun tidak langsung. Gunakan model konseptual untuk menginformasikan keluaran dan hasil dari setiap strategi pengelolaan. Jika ditemukan bahwa sebagian besar jawaban tidak cukup kuat untuk mendukung kelayakan suatu strategi, lakukan penyesuaian yang tepat terhadap strategi pengelolaan tersebut.


SUMBER:
PUSLATKP, 2014. MODUL A.033101.005.01 Menyusun Strategi Pengelolaan pada Pelatihan Perencanaan Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan (KKP). Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan,  Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta. Didownload dari http://kkji.kp3k.kkp.go.id/index.php/dokumen/modul-pelatihan.

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...