Tuesday 8 April 2014

UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI


A.       Komunikator/sumber informasi
Sumber komunikasi adalah pihak yang mengirim pesan atau informasi. Dalam penyuluhan sumber ini bisa penyuluh atau agen pembaharu.
Beberapa hal yang harus dimiliki sumber informasi untuk keberhasilan dalam komunikasi :
1.   Sikap, tampilan, dan etika
Komunikator/sumber informasi yang baik adalah seseorang yang mempunyai sikap yang baik, artinya mampu menempatkan diri sesuai dengan kondisi sasaran. Selain itu mempunyai tampilan yang menarik sehingga sasaran akan tertarik untuk menerima pesan yang akan kita berikan. Hal yang tidak kalah penting seorang komunikator harus mempunyai etika yang mampu menyampaikan pesan dengan baik sesuai dengan aturan/etika yang berlaku di daerah sasaran.
2.   Menguasai Pesan
Komunikator yang baik harus menguasai pesan yang akan diberikan ke sasaran. Penguasaan pesan bisa didapat dengan mempelajari terlebih dahulu materi/pesan yang akan disampaikan.
3.   Menguasai metode penyampaian
Komunikator yang baik adalah yang menguasai teknik berbicara dalam mengungkapkan buah pikirannya dan cakap membangkitkan minat dan menarik perhatian sasaran serta mampu menyajikannya dengan baik.
4.   Tidak menggurui, mendikte dan tidak menekan
Proses penyampaian pesan oleh sumber informasi sebaiknya tidak menggurui, mendikte dan menekan yaitu dengan mensejajarkan posisi sasaran dalam komunikasi tersebut dengan komunikator, menjadikan sasaran sebagai  mitra berkomunikasi akan lebih memperlancar proses penyampaian pesan/informasi.
5.   Menguasai sistem sosial setempat
Komunikator/sumber informasi yang baik adalah komunikator yang mampu menguasai sistem sosial setempat, artinya dalam menyampaikan pesan terlebih dahulu dipelajari kebiasaan atau sifat-sifat dari sasaran/masyarakat.

B.        Pesan
Pesan merupakan informasi yang ditujukan kepada penerima. Dalam penyuluhan perikanan pesan ini dapat berupa  materi penyuluhan.
Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam penyampaian pesan sebagai berikut ;
1.    Pesan yang digunakan didasarkan pada  kebutuhan sasaran.
Penyampaian pesan kepada sasaran sebaiknya diberikan sesuai kebutuhan, untuk mengetahui kebutuhan sasaran terlebih dahulu dilakukan identifikasi
2.      Tidak bertentangan dengan budaya setempat
Pesan/informasi yang akan disampaikan kepada sasaran harus disesuaikan dengan kebiasaan dan tidak bertentangan dengan budaya setempat. Sehingga pesan/informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh sasaran yang akan berdampak pada perilaku dan kepribadian sasaran.
3.      Mudah diterapkan dan dilaksanakan
Pesan/informasi yang akan disampaikan sebaiknya berisi mengenai hal-hal yang mudah diterapkan dan dilaksanakan oleh sasaran, sehingga dampak yang diharapkan mampu mengubah perilaku dan kepribadian sasaran.
4.      Ekonomis
Pesan/informasi yang disampaikan merupakan hal-hal yang mudah dimengerti dan mudah didapat oleh sasaran.

C.        Saluran/Media
Media/saluran pada unsur komunikasi merupakan alur yang dilalui pesan yang disampaikan sumber pesan kepada penerima pesan. Saluran adalah jalan yang dilalui pesan yang disampaikan sumber kepada penerima. Saluran meliputi penggunaan metoda dan teknik serta penggunaan media yang relevan dengan tujuan, sasaran serta sifat pesannya. Pada umumnya semakin banyak indera yang distimuli melalui berbagai media semakin efektif proses komunikasi dalam penyuluhan. Penggunaan metoda, teknik dan media penyuluhan perikanan selain untuk meningkatkan pemahaman sasaran terhadap pesan yang disampaikan, untuk mendorong aktivitas dan kreativitas sasaran serta tumbuhnya rasa percaya diri.
Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam penggunaan saluran/media komunikasi, sebagai berikut :
1.  Kebutuhan luasnya jangkauan dan kecepatan (TV, radio).
2.  Kebutuhan pemilihan memori/pesan yang disampaikan tetap diinga (billboard, majalah).
3.  Jangkauan khalayak yang selektif (surat kabar,majalah).
4.  Jangkauan khalayak lokal (radio lokal, bioskop).
5.  Frekwensi penyampaian tinggi (radio).
6.  Karakteristik Kreatif
a.  Kebutuhan gerak (TV, film, iklan).
b.  Kebutuhan warna (TV, film, majalah).
c.   Kebutuhan suasana (radio, TV, fim).
d.  Kebutuhan demonstrasi ( TV, film).
e.  Kebutuhan deskripsi, bila pesan perlu uraian yang komprehensif, sistematis, rinci (surat kabar, majalah, brosur leaflet).
7.  Tingkat efektivitas penyerapan materi oleh panca indra
a.  Pengecap 1%,
b.  Peraba 1,5%,
c.   Penciuman 3%,
d.  Pendengaran 11%,
e.  Penglihatan 83%

D.       Sasaran/Penerima/Komunikan
Penerima adalah pihak yang menerima pesan-pesan atau informasi, yaitu pihak yang diharapkan akan berubah baik perilaku maupun kepribadiannya.  Dalam penyuluhan perikanan penerima  atau sasaran adalah pelaku utama dan pelaku usaha perikanan beserta keluarganya.
Beberapa hal yang harus dipertimbangan dari sisi penerima pesan, sebagai berikut:
1.    Sesuai kebutuhan
Proses penyampaian pesan/informasi yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan komunikan, sehingga diharapkan dengan sesuainya pesan/informasi yang dibutuhkan oleh komunikan dapat merubah perilaku maupun kepribadian sasaran. Sehingga pesan yang disampaikan akan bermanfaat bagi sasaran.
2.    Kesejajaran posisi dalam penyampaian pesan
Dalam proses komunikasi adanya kesejajaran antara komunikator dengan komunikan akan berpengaruh pada kelancaran proses komunikasi sendiri. Keberadaan komunikan akan merasa dihormati sehingga komunikan akan lebih mudah dalam menyampaikan pesan/informasi.

E.      Dampak/Efek/Feedback
Dampak/Efek/Feedback pada komunikasi merupakan respon penerima terhadap pesan-pesan yang diterima dan merupakan umpan balik (feedback) bagi komunikator /sumber atas pesan-pesan yang disampaikan.  Efek komunikasi berupa perubahan-perubahan yang diharapkan terjadi pada sasaran akibat dari proses komunikasi. Perubahan-perubahan yang diharapkan menyangkut perubahan perilaku (pengetahuan, keterampilan, dan sikap), serta perubahan kepribadian sasaran (kemandirian, ketangguhan, kemampuan bekerjasama,percaya diri, kemampuan menempatkan diri pada posisi tawar yang kuat, dan lain sebagainya).  Efek komunikasi ada yang langsung bisa diketahui, misalnya perubahan pengetahuan dan keterampilan, tetapi adapula yang   tidak langsung artinya perlu waktu yang lama seperti perubahan sikap dan kepribadian. Pada komunikasi dua arah (two way trafficts communication) komunikator bisa memperoleh umpan balik secara langsung dibanding  komunikasi yang searah.
Di dalam kegiatan penyuluhan, proses komunikasi terjadi karena penyuluh berusaha untuk menyampaikan pesan/informasi kepada pelaku utama, dari pelaku utama kepada penyuluh, dan juga dari pelaku utama kepada pelaku utama lainnya. Pesan-pesan dapat disampaikan secara verbal (dengan kata-kata) atau non-verbal (tidak dengan kata-kata, seperti isyarat, gerakan, tindakan, gambar, dsb.) oleh komunikator kepada komunikan/sasaran secara langsung atau melalui sarana untuk mempengaruhi kognisinya, intelektualitasnya, emosinya dan afeksinya, serta psikomotoriknya sehingga sasaran mau merubah perilaku (behavior) dan kepribadiannya (personality).  Perilaku (behavior) yang diharapkan berubah adalah meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor.  Sedangkan kepribadian (personality) meliputi kemandirian, ketangguhan serta kepercayaan diri, ketidaktergantungan, serta posisi tawarnya  (bargaining position).

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...