Monday 21 April 2014

PENGERTIAN METODE PENYULUHAN


A.       Pengertian Metode Penyuluhan
Metode Penyuluhan Perikanan, dapat diartikan sebagai:
1.  Cara yang digunakan untuk mendekatkan penyuluh dengan sasaran penyuluhannya;
2.  Suatu teknik atau cara agar komunikasi dalam kegiatan penyuluhan perikanan dapat efektif; dan
3.  Cara-cara penyampaian materi penyuluhan perikanan melalui media komunikasi oleh penyuluh kepada pelaku utama dan pelaku usaha perikanan beserta keluarganya.

Metode penyuluhan menjadi sangat penting, mengingat fungsi utama penyuluh untuk merubah situasi yang memungkinkan sasaran penyuluhan berkembang melalui kegiatan penyuluhan kelautan dan perikanan. Dengan mendekatkan penyuluh dan sasaran, berarti penyuluh mempunyai kesempatan untuk: (1) menstimulasi aktivitas mental dan fisikal sasaran penyuluhan sehingga memunculkan kebutuhan mereka untuk belajar, dan (2) memberi kesempatan belajar  bagi  sasaran penyuluhan yang sesuai dengan masalah dan kebutuhan mereka.

B.        Kriteria Metode Penyuluhan
Meskipun tidak terdapat kriteria khusus metode penyuluhan yang terbaik, tetapi metode penyuluhan yang digunakan harus mudah dipahami sasaran dan dapat mencapai jumlah sasaran yang banyak. Metode penyuluhan yang baik, memiliki kriteria prinsif dasar diantaranya:
1.  Sesuai dengan keadaan sasaran, apakah sasaran berada pada posisi tahap mengenal, menaruh minat, menilai, atau pada tahap mencoba mengadopsi suatu inovasi.
2.  Cukup kuantitas dan kualitas, artinya penyuluh menguasai banyak metode penyuluhan sehingga dapat dilakukan pemecahan masalah-masalah penyuluhan. Dengan demikian perubahan kondisi sasaran dapat direspon oleh penyuluh dengan memilih dan menerapkan metode penyuluhan yang sesuai.
3.  Tepat sasaran dan tepat waktu, tepat sasaran dapat diartikan bahwa metode penyuluhan yang digunakan sesuai dengan keberadaan sasaran (tingkat pendidikan, lingkungan/sosial budaya) dan waktu yang tersedia.
4.  Materi akan lebih mudah diterima dan dimengerti, artinya materi penyuluhan harus sederhana dan dapat dikomunikasikan dengan bahasa penyuluhan sehingga sasaran dapat memahami materi yang disuluhkan.
5.  Murah pembiayaannya, artinya penyuluhan dapat dilaksanakan dengan biaya relatif murah sehingga dapat terlaksana secara kontinyu dan dapat merespon reaksi sasaran dari proses penyuluhan yang dilakukan.
Sumber:
Hudoyo M.W., 2010. Modul Metode dan Teknik Penyuluhan Perikanan. Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...