Thursday 10 August 2017

Benih Ikan Kerapu Tikus (Cromileptes altivelis, Valenciennes ) Kelas Benih Sebar (Ringkasan SNI 01-6487.2-2000)



BATASAN
Standar ini menetapkan persyaratan, cara pengukuran dan pemeriksaan. Benih D60 adalah benih ikan yang sudah secara sempurna mengalami perubahan bentuk organ tubuh dan warna serta menyerupai ikan dewasa dan telah berumur 60 hari sejak telur menetas. Benih D90 adalah benih ikan yang telah menyerupai ikan dewasa yang berumur 90 hari sejak telur menetas.


PERSYARATAN
Kualitatif   
1)   Benih D60 : a) asal : telur induk alam atau hasil pemijahan; b) warna : abu-abu terang kecoklatan dengan bintik-bintik hitam diseluruh kepala badan dan sirip; c) bentuk tubuh : tidak bengkok, sirip lengkap; d) kesehatan : anggota organ tubuh lengkap, tidak cacat dan tidak tampak kelainan bentuk, sehat serta bebas penyakit; e) gerakan aktif/lincah, berenang normal dan bergerombol; f) respon terhadap pakan yang diberikan. 
2)   Benih D90 : a) asal : benih sebar D60; b) warna : abu-abu terang kecoklatan dengan bintik-bintik hitam diseluruh kepala badan dan sirip; c) bentuk tubuh  : tidak bengkok, sirip lengkap. d) kesehatan : anggota organ tubuh lengkap, tidak cacat dan tidak tampak kelainan bentuk, sehat serta bebas penyakit. e) gerakan/perilaku aktif/lincah, berenang normal dan bergerombol. f) respon  terhadap pakan yang diberikan.

Kuantitatif 
Kriteria benih kerapu tikus seperti pada tabel dibawah ini. Tabel : Kriteria benih kerapu tikus D60 dan D90

CARA PEMERIKSAAN DAN PENGUJIAN
1)   Umur : dihitung sejak telur menetas; 
2)   Panjang badan total : jarak dari ujung mulut sampai ujung sirip ekor (cm).
3)   Berat badan: menimbang (gram).
4)   Pemeriksaan kesehatan : pengambilan contoh sesuai SNI 01-6489-2000 tentang metoda pengambilan contoh benih ikan dan udang, pengamatan visual dan organoleptik untuk memeriksa ektoparasit dan morfologi, mikroskopik untuk pemeriksaan jasad patogen (parasit, jamur, bakteri dan virus).
5)   Respon dan daya tahan benih : dengan menggerakkan air media pemeliharaan atau penampungan benih sehat bergerak melawan arus, tanpa pemberian aerasi benih berenang normal.
6)   Keseragaman benih : dilakukan secara visual dinyatakan seragam bila ≥ 80 % dari populasi benih seragam

REFERENSI
BSN, 2000. SNI 01-6487.2-2000  Benih Ikan Kerapu Tikus (Cromileptes altivelis, Valenciennes ) Kelas Benih Sebar. Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.
https://www.google.co.id/search

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...