Thursday 12 February 2015

MEMAHAMI TEKNIK IDENTIFIKASI AKAR MASALAH DENGAN MEMBUAT DIAGRAM ANCAMAN PADA PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN (KKP)

1. Alasan penting mengidentifikasi akar penyebab ancaman dan stakeholder pengguna yang terkait

Ketika tim perencana telah mengidentifikasi dan memetakan ancaman, langkah selanjutnya adalah menganalisis ancaman tersebut, termasuk siapa yang bertanggungjawab atas terjadinya ancaman tersebut. Informasi ini akan memandu kita dalam menentukan strategi-strategi pengelolaan karenasesungguhnya Anda harus menangani akar masalah atau akar penyebab ancaman, bukan menangani ancaman yang diketahui. Sebagai contoh, sebuah kelompok kerja dibentuk untuk mengatasi ancaman yang akan ditimbulkan akibat terlalu dekatnya jalur pelayaran dari sebuah KKP. Setelah menganalisis ancaman tersebut secara cermat, kelompok kerja menyimpulkan bahwa bahwa kedekatan jalur pelayaran bukan merupakan masalah dibandingkan dengan risiko besar jika terjadinya kecelakaan akibat tumpahan minyak.  Agar dapat bekerja dengan baik, maka susunan kelompok kerja tersebut kemudian ditata-ulang dengan menyertakan tenaga ahli yang dapat mengatasi tumpahan minyak, mengganti tenaga ahli di bidang industri pelayaran.
Beberapa metode dapat digunakan untuk membantu lebih memahami berbagai jenis ancaman, termasuk mengelompokkan ancaman atau rumusan permasalahan. Metode lainnya—salah satunya yang digunakan di bawah ini—didasarkan pada pendekatan pohon masalah, yaitu dengan memahami akar penyebab ancaman dan kelompok pengguna yang bertanggung jawab atas akar penyebab tersebut.
Tim perencana akan menggunakan informasi yang diperoleh dari proses curah gagasan sebagai dasar dari analisis ancaman (threat analysis). Tim akan menggunakan daftar ancaman tersebut untuk:  (1) untuk menentukan sumber setiap ancaman yang teridentifikasi dari sesi curah gagasan, dan (2) mengidentifikasi kelompok pengguna yang terkait dengan sumber ancaman.
Anda mungkin menginginkan agar peserta membentuk kelompok yang lebih kecil dan setiap kelompok kecil menangani satu ancaman, sehingga secara keseluruhan kelompok akan menangani seluruh ancaman, atau beberapa kombinasi alternatif.

2.   Cara membuat diagram ancaman

Beberapa metode dapat diterapkan untuk membantu kita lebih memahami ancaman, termasuk mengembangkan penggolongan ancaman atau pernyataan masalah. Metode lainnya—salah satunya digunakan di bawah ini—didasarkan pada pendekatan pohon masalah (tree diagram), yaitu dengan memahami akar penyebab ancaman dan kelompok pengguna yang bertanggung jawab atas akar penyebab tersebut.
Tim perencana Anda akan menggunakan informasi yang didapat dari proses curah gagasan sebagai dasar dari analisis ancaman. Tim akan menggunakan daftar ancaman tersebut (1) untuk menentukan sumber setiap ancaman yang teridentifikasi dari sesi curah gagasan dan (2) mengidentifikasi kelompok pengguna yang terkait dengan sumber ancaman.
Anda mungkin menginginkan agar peserta membentuk kelompok yang lebih kecil dan setiap kelompok menangani satu ancaman, seluruh kelompok akan menangani seluruh ancaman, atau beberapa kombinasi alternatif.

SUMBER: 
PUSLATKP, 2014. MODUL A.033101.004.01 Merumuskan Masalah Yang Akan Ditangani pada Pelatihan Perencanaan Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan (KKP). Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan,  Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta. Didownload dari http://kkji.kp3k.kkp.go.id/index.php/dokumen/modul-pelatihan.

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...