Friday 21 March 2014

PENDIDIKAN ANGGOTA DALAM KELOMPOK

Tujuan akhir dari kelompok adalah kesejahteraan dan kemandirian anggotanya.  Kesejahteraan lahir dan batin hanya terjadi kalau ada perkembangan / perubahan sikap dan mental, yang semula boros menjadi hemat, yang semula malas menjadi rajin, yang semula suka menggantungkan diri pada orang lain menjadi mandiri, yang semula otoriter menjadi demokratis, dan sebagainya.  Untuk dapat berubah / berkembang itulah dibutuhkan suatu pendidikan.

Maka pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dalam kelompok, sehingga dapat dikatakan bahwa kelompok sebagai gerakan ekonomi melalui pendidikan atau gerakan pendidikan melalui kegiatan ekonomi.

Banyak kelompok-kelompok yang tumbuh / ditumbuhkan ternyata macet, tidak berkembang dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode-metode dalam pengembangan kelompok.

Sasaran Pendidikan dalam Kelompok
Yang menjadi sasaran pendidikan dalam kelompok adalah :
1)       Pengurus dan pengawas.  Mereka mempunyai tanggung jawab yang cukup berat dalam kelompok, sehingga pengetahuan, ketrampilan, dan sikap mental yang baik sangat dibutuhkan untuk dapat mengelola kelompok dengan baik.  Pendidikan bagi para pengurus dan pengawas mutlak sangat penting.
2)       Anggota.  Anggota adalah kekuatan utama dari kelompok, sebagai kesatuan yang harus kompak, sadar akan hak dan kewajibannya dengan baik sehingga dapat berpartisipasi penuh dalam pengembangan kelompok.  Sehingga pendidikan bagi anggota tidak boleh dilupakan.
3)       Calon anggota.  Yang diharapkan dapat tertarik dan sadar sehingga dapat masuk menjadi anggota kelompok yang baik.

Prinsip-prinsip Pendidikan dalam Kelompok
Pendidikan dalam kelompok menerapkan sistem pendidikan orang dewasa. Artinya bahwa setiap orang dihormati dengan prinsip-prinsip :
a)   Orang dewasa belajar dengan baik, apabila secara penuh mengambil bagian dalam kegiatan.
b)   Orang dewasa belajar dengan baik apabila menyangkut mana yang menarik bagi dia dan ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.
c)   Orang dewasa belajar sebaik mungkin apabila yang dipelajari bermanfaat dan praktis.
d)   Dorongan semangat dan pengulangan yang terus menerus akan membantu seseorang dengan baik.
e)   Orang dewasa belajar sebaik mungkin apabila ia mempunyai kesempatan untuk memanfaatkan sepenuhnya pengetahuannya, kemampuannya, dan ketrampilannya dalam waktu yang cukup.
f)    Proses belajar dipengaruhi oleh pengalaman-pengalaman yang lalu dan daya pikir dari warga belajar.
Saling pengertian yang baik, yang sesuai dengan ciri-ciri utama dari orang dewasa yang sangat membantu pencapaian tujuan belajar.

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...