Tuesday 18 July 2017

Induk Kodok Lembu (Rana catesbeiana, Shaw) Kelas Induk Pokok (Ringkasan SNI 01-6730.2-2002)



BATASAN
Standar ini  menetapkan persyaratan serta cara pengukuran dan pemeriksaan. Kodok ini dapat mencapai ukuran besar, mempunyai kepala besar, kaki depan relatif pendek tetapi kuat dan kaki belakang berselaput renang pada jari kakinya. Kulit licin dan tidak ada lipatan dorsolateral pada belakang tubuh.

PERSYARATAN 
Kualitatif 
1)   Asal : dari induk kodok kelas induk dasar atau induk penjenis; 
2)   Warna : badan hijau kehitaman dan perut berwarna putih keperakan. Jantan ditandai lingkaran gendang telinga yang lebih besar dari lingkaran mata, warna hijau kekuningan di sekitar kerongkongan dan mempunyai kantong suara. Betina ditandai lingkaran gendang telinga yang relatif sama dengan lingkaran mata, warna putih dengan bintik hitam di sekitar kerongkongan dan tidak mempunyai kantong suara. 
3)   Kesehatan : tubuh lengkap, tidak cacat, berlendir dan bebas dari jasad patogen.  

Kuantitatif 
Persyaratan kuantitatif induk kodok lembu seperti pada tabel dibawah ini.  
Tabel : Persyaratan kuantitatif induk kodok lembu
 
CARA PENGUKURAN DAN PEMERIKSAAN
1)   Umur : dihitung sejak telur menetas.
2)   Kematangan gonad : jantan: warna di sekitar kerongkongan kuning, bersuara seperti lembu terus-menerus dan lebih agresif; betina: perut membesar, terasa lunak, warna disekitar kerongkongan lebih putih dan lebih jinak.
3)   Diameter telur : dengan mikroskop yang dilengkapi mikrometer.
4)   Panjang standar dan kepala : standar: dengan mengukur ujung mulut sampai pangkal ekor dalam sentimeter; kepala: dengan mengukur ujung mulut sampai ujung tengkorak bagian belakang dalam sentimeter.
5)   Bobot tubuh : menggunakan timbangan analitik (ketelitian 0,1 mg) dalam gram.
6)   Pemeriksaan kesehatan : ambil secara acak sebanyak 1 % dari populasi atau ≤ 10 ekor untuk pengamatan visual/mikroskopik.

REFERENSI
BSN, 2002. SNI  01-6730.2-2002  Induk Kodok Lembu (Rana catesbeiana Shaw)  Kelas Induk Pokok (Parent Stock). Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.
https://www.google.co.id/search

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...