Tuesday 5 February 2013

KEBUTUHAN ZAT GIZI PAKAN IKAN MAS


Pada dasarnya kebutuhan zat gizi ikan sangat tergantung pada jenis serta tingkatan stadianya.  Ikan pada  singkatan stadia dini (berusia muda)  umumnya  memerlukan komposisi pakan  dengan kandungan protein lebih tinggi dibandingkan dengan stadia lanjut (berusia dewasa) karena pada tingkat  stadia dini zat  makanan tersebut difungsikan untuk mempertahankan hidup dan juga untuk pertumbuhannya.
Sifat fisik dan bentuk  pakan  yang  diberikan juga sangat  tergantung pada jenis ikan serta tingkatan stadia ikan yang dibudidayakan.  Jenis ikan yang hidup di dasar perairan, seperti udang dan lele, memerlukan pakan yang mudah tenggelam, sedangkan jenis ikan lainnya yang hidup di permukaan air memerlukan pakan yang dapat melayang serta tidak cepat tenggelam.  Dilihat dari bentuknya, ikan pada tingkatan stadia dini memerlukan pakan berbentuk tepung (powder) atau remah (crumble), sedangkan pada tingkatan stadia lanjut berbentuk pelet.

Ikan mas sering pula disebut dengan ikan karper.  Ikan mas termasuk omnivera dengan kecenderungan sebagai karnivora yang memakan jenis-jenis binatang kecil yang hidup di dalam air. Beberapa zat gizi yang dibutuhkan ikan mas seperti tercantum pada Tabel 1.
Jumlah pakan yang diberikan diatur sesuai umur pemeliharaan seperti pada Tabel 2.   Pakan ini diberikan 3 kali sehari yaitu pagi, siang, dan sore  sedikit  demi  sedikit  hingga  mencapai porsi  pakan yang dibutuhkan setiap hari.

TABEL 1. KEBUTUHAN ZAT GIZI IKAN MAS
Zat Gizi
Stadia/Umur/Ukuran
Kebutuhan (%)
Referensi
Protein


Asam Amino
Lemak
Karbohidrat
Vitamin
Mineral
Larva
Juvenil
Dewasa

Semua ukuran
Semua ukuran
Semua ukuran
Semua ukuran
43 – 47
37 – 42
26 – 32
-
6 – 8
20
0,5 – 10
0,25 – 0,5
NCR (1977)
NCR (1977)
Litbang Deptan (1989)

Litbang Deptan (1989)
Litbang Deptan (1989)
Litbang Deptan (1989)
Litbang Deptan (1989)
Sumber : Badan Litbang Deptan (1989)
               Mundayana, dkk (1998)

TABEL 2. JUMLAH PAKAN YANG DIBERIKAN BERDASARKAN UMUR PEMELIHARAAN

Umur Pemeliharaan (Bulan ke-1)
Pemberian pakan (% berat total ikan perhari)
1
2
3
4
5
4
3,5
3
3
2

Referensi:
http://permathic.blogspot.com/2012/03/cara-beternak-ikan-nila.html
Sahwan M. F., 1999.  PAKAN IKAN DAN UDANG (Formulasi, Pembuatan, Analisis Ekonomi). Penebar Swadaya, Jakarta.

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...