Tuesday 3 June 2014

PENGOLAHAN MANISAN RUMPUT LAUT


a. Deskripsi Manisan Rumput Laut
Pada umumnya manisan terbuat dari buah buahan, dan terdiri dari manisan basah dan kering. Namun baik manisan basah maupun kering bentuknya harus menarik dan rasa yang disukai konsumen. Pada dasarnya pembuatan manisan rumput laut sama dengan pembuatan manisan buah.
Bahan : Rumput Eucheuma cottonii 300 gr Gula 600 gr Air 600 ml Asam sitrat 0,5 % Natrium benzoate 0,1 % Pewarna secukupnya.

b. Cara Pengolahan
1 Pencucian
Untuk membuat manisan rumput laut ada beberapa tahap proses yang harus dilakukan,yaitu pencucian, perendaman,dan pengolahan. Sebelum direndam, rumput laut dicuci terlebih dahulu, untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada rumput laut.


Gambar 1 Rumput laut kering

2.Perendaman
Setelah itu rumput laut kering direndam dengan air tawar sebanyak 10 Kali berat rumput laut sampai rumput laut terendam semua dalam air. Setiap 12 jam sekali air tawar diganti dengan yang baru, Penambahan air saat perendaman menjadi 2 (dua) kali lipat, untuk mengembangkan volume rumput laut. Perendaman dilakukan dua sampai 3 hari hingga mengembang sampai 5 – 6 kali berat rumput laut kering, dan teksture rumput laut lunak , tidak amis dan berwarna putih bersih dan bening.


Gambar 2 Rumput laut setelah perendaman

3. Perendaman dalam tawas
Tahapan selanjutnya adalah perendaman dalam air tawas atau kapur sirih dengan konsentrasi 1% selama 2 jam yang gunanya agar rumpur laut tidak berair atau kesat. Rumput laut yang sudah ditangani ini merupakan bahan baku untuk manisan.

4. Pemotongan dan pembuatan larutan gula Rumput laut yang telah dicuci dan ditiriskan selanjutnya dipotong potong denngan ukuran panjang 3 – 3,5 cm


Gambar 3 pemotongan rumput laut

Penyiapan larutan gula dengan perbandingan Gula dan air 1:1 Untuk mendapatkan larutan gula yang bersih, selama perebusan dapat dibersihkan dengan putih telur


Gambar 4 Pembuatan larutan gula

5 Penyaringan Setelah mendidih, larutan gula disaring dengan menggunakan kain kasa, lalu didinginkan. Tujuan penyaringan untuk memisahkan larutan dari kotoran kotoran yang tercampur dengan gula, sehingga tidak mengotori rumput laut yang akan direndam.
Selanjutnya larutan ditambah dengan perasa dan larutan asam sitrat 0.5%, sodium benzoate, 0,1% -0,2% serta pasta pewarna dan aroma 1%,Fungsi dari asam sitrat adalah memberikan rasa asam, sedang benzoate adalah sebagai pengawet , pewarna untuk member warna agar menari, sedangkan aroma untuk perasa.


Gambar 5 Penyaringan


Gambar 6 Perendaman larutan gula

6. Perendaman Rumput laut kemudian dimasukkan ke dalam larutan gula dingin dengan per perbandingan air gula dan rumput laut 1 :2, Perendaman dilakukan lebih kurang selama 1 hari,sampai gula Benar – benar meresap. Setelah perendaman, rumput Laut dikemas ke dalam wadah tertutup dan disimpan ke dalam wadah dan disimpan di dalam lemari es.


Gambar 7 Manisan Rumput Laut

SUMBER:
Sudariastuti E., 2011. Modul Pengolahan Rumput Laut. Materi Penyuluhan Perikanan: Kelompok Modul Pengolahan Ikan. Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...