Tuesday 27 September 2016

Kunjungi PPS Bungus, Pemerintah Vietnam Bahas Kerjasama Perikanan Tangkap


Rombongan pemerintah Provinsi Ba Ria Vung Tau, Vietnam beserta pemerintah Kota Padang mengunjungi Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS Bungus), Jumat (30/5). Kunjungan satu hari tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya di kantor Balai Kota Padang untuk mewujudkan rencana kerjasama sister city di kedua daerah.
Sektor kerjasama yang dibahas dalam pertemuan ini meliputi bidang perikanan, perkebunan, kehutanan, pendidikan, pariwisata budaya dan sektor lain yang potensial. Dalam bidang perikanan akan dilaksanakan tukar pengalaman dan pengetahuaan usaha perikanan, teknologi packaging perikanan, teknologi pengolahan dan pengawetan hasil perikanan. Termasuk didalamnya manajemen pengemasan, aktifitas kelautan dan perikanan serta  teknologi pembibitan teripang.
Wakil Gubernur Provinsi Ba Ria Vung Tu, Le Tuan Quoc mengatakan Vietnam dan Padang memiliki banyak kesamaan. "Karakter kita sangat mirip, bahkan makanan juga memiliki kesamaan," ujarnya di sela-sela petemuan yang dihadiri tak kurang dari 30 orang tersebut.
Dia juga menuturkan PPS Bungus dapat menjadi daerah untuk pertukaran antara Vietnam dan Indonesia. Khususnya untuk pengolahan hasil perikanan. "Produksi perikanan di PPS Bungus sudah tidak diragukan lagi. Ini merupakan kawasan yang cocok dan potensial untuk kerjasama manajemen perikanan," tambahnya.
Sementara itu, Plh Kepala PPS bungus yang juga merangkap sebagai Kepala Bidang Operasional dan Kesyahbandaran, Priyagus menjelaskan tentang profil PPS Bungus kepada pemerintah Provinsi Ba Ria Vung Tau, Vietnam dan rombongan. "Pemerintah telah menetapkan PPS Bungus sebagai kawasan industrialisasi perikanan tangkap yang mengacu pada perikanan tuna, tongkol dan cakalang di Pantai Barat Indonesia Bagian Barat. Oleh karena itu peluang terbuka sangat besar untuk pengusaha perikanan," terangnya.
Usai pertemuan, rombongan dari Ba Ria Vung Tau Vietnam dan Pemerintah Kota Padang beserta jajarannya meninjau proses pengolahan ikan tuna di PT Dempo Andalas Samudera. Setelah itu, dilanjutkan menuju Pulau Pasumpahan yang terkenal dengan wisata lautnya. (KC/CP)

Sumber: http://www.djpt.kkp.go.id/read/kunjungi-pps-bungus-pemerintah-vietnam-bahas-kerjasama-perikanan-tangkap

1 comment:

Syafitri said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...