Friday 24 May 2013

SAMBUTAN DAN PEMBEKALAN KEPALA BADAN PENGEMBANGAN SDM KP PADA ACARA SEMINAR NASIONAL PENYULUHAN PERIKANAN

Kita sekalian memahami bahwa penyuluh perikanan itu, memiliki POTENSI dan KEKUATAN yang meliputi: (1) pengenalan kondisi dan potensi wilayah serta sosial budaya; (2) pengenalan kondisi pelaku utama dan pelaku usaha bidang perikanan; (3) kemampuan untuk berkomunikasi; serta (4) Memiliki kompetensi di bidangnya.
Pada saat ini penyuluh sangat diharapkan mampu menyesuaikan diri untuk mengikuti perkembangan Dinamika Pembangunan Perikanan. Sebagaimana kita ketahui, Dinamika Pembangunan Perikanan saat ini mengarah kepada pengembangan Industrialisasi di kawasan Minapolitan dengan mengedepankan konsep blue economy; sehingga pada kondisi seperti ini, diperlukan suatu kegiatan usaha yang berdaya saing, memanfaatkan sumberdaya alam secara efisien dan tidak menghasilkan limbah serta mengupayakan pelestarian lingkungan.
Sehubungan dengan hal tersebut, pelaku utama dan pelaku usaha memerlukan kemampuan agar dapat mengikuti dinamika pembangunan Industrialisasi Kelautan dan Perikanan. Perwujudan kemampuan tersebut, dapat diperoleh dengan adanya pendampingan yang difasilitasi oleh seorang penyuluh yang kompeten dan profesional.
Untuk menghasilkan Penyuluh yang Kompeten dan Profesional, maka diperlukan (a) Peningkatan komunikasi antara Penyuluh dengan Dunia Usaha, antara lain melalui Temu Usaha/bisnis yang berkala dan terprogram; (b) Peningkatan Peran Aktif Penyuluh Swasta dan Penyuluh Swadaya, antara lain melalui Temu Koordinasi; (c) Peningkatan Kompetensi melalui magang di lembaga pendidikan, lembaga penelitian, lembaga prekayasan teknologi dan dunia industri; (d) Peningkatan Wawasan melalui pelatihan di lembaga pemerintah dan swasta dengan mengedepankan fasilitasi pemda; serta (e) mengupayakan tewujudnya sertifikasi profesi penyuluh. Pada kesempatan yang baik ini  akan diluncurkan Mars “Bangkit Penyuluh” untuk membangkitkan semangat menyuluh bagi para penyuluh perikanan di lapangan.













SUMBER:
KEPALA BADAN PENGEMBANGAN SDM KP
Pada acara Seminar Nasional Penyuluhan Perikanan
di Hotel Meritus Surabaya, 21 Mei 2013

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...