Wednesday 9 October 2013

PENANGANAN HAMA DAN PENYAKIT PADA LOBSTER AIR TAWAR


Lobster cukup tahan terhadap penyakit.  Namn, bukan berarti lobster tidak akan terserang penyakit.  Penyakit lobster pada umumnya dapat disebabkan oleh protozoa, bakteri, jamur, atau virus.  Salah satu penyebab penyakit dapat mask ke dalam akuarium dan menyelang lobster melalui pakan yang tidak bersih dan air yang digunakan kotor.  Pakan cacing yang tidak di cuci bersih dan langsng diberikan pada lobster.  Misalnya, dapat saja mengandung bibit penyakit.

Jamur yang sering terkena pada lobster adalah lumut. Cara pencegahannya dengan menggunakan daun ketapang dengan cara mengambil daun ketapang sebanyak 6- 10 lembar yang sudah kering atau yang sudah dijemur kemudian ditebar ke dalam akuarium.

PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN PENYAKIT PADA LOBSTER AIR TAWAR
PENYAKIT
PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN
Pentakit lobster yang menyerang pada lobster air tawar adalah jamur yang disebabkan oleh sisa pakan yang terdapat pada dasar akuarium.
Untuk mencegah timbulnya perbanyakan lumut dapat dilakukan dengan pengontrolan kualitas air dan dilakukan penyiponan sisa pakan yang berada di dasar kotoran yang berada dasar akuarium.  Pengobatannya dapat menggunakan bahan alami yaitu dengan mengguanakan daun ketapang kering yang kemudian di tebar ke akuarium sebanyak 6 – 10 lembar.  Selain daun ketapang dapat juga digunakan batang pisang dengan cara dipotong – potong kecil yang kemudian juga ditebar ke akuarium.  Tetapi yang paling bagus digunakan adalah daun miana karena daun miana tersebut mengandung antiseptik.







DAFTAR PUSTAKA
Asriani dan Syafei L.S, 2005. Buku Seri Kesehatan Ikan “Lobster Sehat Produksi Meningkat”. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian, Jurusan Penyuluhan Perikanan, Bogor.
Karjono dan adijaya, Dian. “ lobster akuarium 10 bulan kembali modal “.  Trubus, april 2003.
Sukmajaya yade. “  lobster air tawar komoditas perikanan prospektif “.  Penerbit PT Agro media pustaka, 2003.
Wiyanto, R. “ lobster air tawar, pembenihan dan pembesaran “. Jakarta : penebar swadaya, 2003.

1 comment:

Anonymous said...

ukrn berat max brp ya

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...