Thursday 22 August 2013

PENANGANAN HAMA DAN PENYAKIT PADA RUMPUT LAUT


JENIS BAKTERI
GEJALANYA
1. Penyakit Bakterial
ü Jamur banyak dijumpai pada beberapa jenis rumput laut seperti pada jenis Thalassia dan Sar-gassum sp. Jamur yang dijumpai adalah: Hydra thalassiae yaitu sejenis jamur Ascomicetes.
ü Pada thalassia jamur ini dapat menembus daun dari ujung bagian atas dan menyebabkan perubahan warna. Pada Sargassum sp. Hydra thalassiae menyerang bagian gelembung udara yang meyebabkan gelembung berwarna cokelat tua, lembek dan megkerut seperti kismis. Oleh karena itu penyakit ini dinamakan “penyakit kismis”.
ü Jamur yang menyerang Laminaria adalah : phycomelaina laminariae. Jamur ini meng- hasilkan getah berupa getah bulatan-bulatan pada bagian tangkai mata dan meyebabkan perubahan menjadi hitam pada stomata atau benang jamur, serta menyebar seperti bisul. Ascocarp dan spermogonia tumbuh dibagian pseudostroma, berwarna hitam dan berbentuk lingkaran atau oval pada tanaman.


JENIS BAKTERI
GEJALANYA
2. Penyakit Jamur
ü Jamur banyak dijumpai pada beberapa jenis rumput laut seperti pada jenis Thalassia dan Sargassum sp. Jamur yang dijumpai adalah: Hydra thalassiae yaitu sejenis jamur Ascomicetes.
ü Pada thalassia jamur ini dapat menembus daun dari ujung bagian atas dan menyebabkan perubahan warna. Pada Sargassum sp. Hydra thalassiae menyerang bagian gelembung udara yang meyebabkan gelembung berwarna cokelat tua, lembek dan megkerut seperti kismis. Oleh karena itu penyakit ini dinamakan “penyakit kismis”.
3. Penyakit Ice-Ice
ü Ice-ice” adalah penyakit yang banyak menyerang tanaman rumput laut jenis Euchema Sp yang ditandai dengan timbulnya bintik putih/ bercak-bercak pada sebagian thallus yang lama kelamaan kehilangan warna dan berangsur-angsur menjadi putih dan terputus. Penyakit “ice-ice” timbul karena adanya mikroba yang menyerang tanaman rumput laut yang lemah.
ü Gejala yang diperlihatkan adalah tumbuhan yang lambat dan terjadinya perubahan warna menjadi pucat atau berwarna tidak cerah, seluruh thallus pada beberapa cabang menjadi putih dan membusuk. Euchema dapat terserang “ice-ice” : terutama disebabkan karena adanya perubahan lingkungan seperti: arus, suhu dan kecerahan dilokasi budidaya. Tingkat penyerangannya terjadi dalam waktu yang cukup lama. Hal ini sesuai dengan pendapat Trono (1974). Bahwa penyebab “ice-ice ini ” adalah perubahan lingkungan yang tidak sesuai untuk pertumbuhan yang menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh rumput laut tersebut. Sedangkan Uyenco et al (1981) mengatakan bahwa : kemungkinan penyebab terjadinya penyakit “ice-ice ini karena adanya bakteri pathogen tertentu terutama pada saat serangan penyakit pada tanaman rumput laut. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya timbulnya bakteri tersebut merupakan serangan skunder. Kemungkinan efektifitas serangan serangan bakteri yang hanya terjadi pada saat pertumbuhan tidak efektif.



JENIS BAKTERI
GEJALANYA
4. Penyakit White Spot
ü Penyakit white spote terdapat pada jenis rumput laut Laminara Japonica di Cina. Seperti halnya penyakit “ice-ice” gejala awal peyakit ini ditandai denga terjadinya perubahan warna thallus dari cokelat kekuning-kuningan menjadi putih kemudian menyebar dan pada akhirnya seluruh bagian tanaman membusuk  dan rontok dari tali gantungan.
ü Penyakit “ice-ice dan White spote biasanya terjadi pada bulan April atau Mei di daerah-daerah dengan kecerahan perairan tinggi. Pada kondisi ini tingkat kelarutan unsur nitrat




PENYAKIT
PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN
Ice-Ice
Pencegahan
·      Pemilihan lokasi yang tepat
Lokasi terlindung, suhu 20-28 oC, salinitas 23-34 ppt, kecerahan lebih dari 1,5 m dan kecepatan arus 20-80 cm/detik.
·      Pemilihan bibit yang baik dengan tingkat pertumbuhan dan ketahanan penyakit yang tinggi.
·      Penentuan teknologi yang tepat dan cara penanaman yang berkaitan dengan jarak tanam serta musim yang tepat.
·      Pengambilan sampel dan pengontrolan yang rutin.
·      Pencegahan dengan bahan-bahan alami yaitu dengan menggunakan ekstrak daun sirih . Dengan dosis 1 gram daun sirih dan 10 liter air Ini dilakukan dengan cara merebus daun sirih kemudian diambil ekstraknya. Perlakuan ini dilakukan dengan jalan merendam bibit rumput laut sebelum ditebar.
Pegobatan
Hingga saat ini pengobatan rumput laut dengan menggunakan bahan kimia belum pernah dilakukan.

DAFTAR PUSTAKA

Balai Budidaya Laut Lampung, 2001. Teknologi Budidaya Rumput Laut. Departemen Kelautan dan Perikanan, Jakarta
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/04/15/mlai46-indonesia-jadi-tuan-rumah-simposium-rumput-laut-internasional
Sulistijo, 1998. Perkembangan budidaya Rumput Laut di Indonesia, dalam WS. Atmadja dkk.
Tahang H. dan Syafei L.S, 2005. Buku Seri Kesehatan Ikan “Rumput Laut Sehat Produksi Meningkat”. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian, Jurusan Penyuluhan Perikanan, Bogor.

Tim Penulis PS, 1999. Budidaya, pegolahan dan Pemasaran Rumput Laut, PT. Penebar Swadaya, Jakarta

1 comment:

Emmy Syafitri said...

Pak pemilihan daun sirih didasarkan apa? Mikroba penyebab penyakit ice-ice apa saja? Dan apakah penanaman sesuai musim bisa mencegah penyakit ice-ice?

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...