Friday 12 July 2013

PENANGANAN HAMA DAN PENYAKIT IKAN BARONANG


           Pada umumnya penyakit menyerang ikan Baronang disebabkan oleh sejenis parasit yang menyerang bagian insang. Parasit ini dikenal denagan nama monogenetic trematoda. Serangan berat parasit ini dapat menyebabkan gangguan pada system pernafasan sehingga pada akhirnya ikan yang terserang akan mati kekurangan oksigen.
          Pada species Siganus spinus yang tertangkap diGuam pernah ditemukan sejenis parasit yang dikenal dengan nama microcotyl mouwei penyakit ini juga diketahui menyerang siganus fucencesis yang tertangkap di jepang iksn beronag yang di pelihara dal;am jaring keramba apung.

Diagnosa Gejala Penyakit
Untuk mengetahui jenis penyakit dan cara pencegahanya diperlukan diua tahapan diagnosa yaitu diagnosa klinik dan diagnaosa laboratorium. Disgnosa klinik dapat dilakukuan dilapangan dan mata telanjang, serts menggunakan alat-alat sederhana seperti pinset, gunting dan mikrokoskop. Dan untuk menentukan nama ilmiah parasit, bentuk dan jennisnya dapat dilakukan dilaboratorium
Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam melakukan diagnosa klinik yaitu :
-          Melihat ketidaknormalan dari ikan yang dibudidayakan
-          Mengumpulkan data
-          Mengambil sample dan membawanya ke laboratorium
-          Mencari data biologi sample dan mengamati organ-organ tubuh ikan
-          Periksa kembali dan lakukan diagnosda ulang.
Gejala penyakit pada ikan yang dibudidayakan dapat dilihat atau amati secara mata telanjang apa bila; ada kelainan tingkah laku yaitu salah satu atau beberapa ikan keluar dari kelompoknya dan cara berenangnya miring.

Pencegahan Ikan Sakit
Pencegahan ikan sakit dapat di bagi atas dua langkah yaitu :
1.  Berdasarkan teknik budidaya ; tindakan-tindakan yang harus dilakukan antara lain adalah : menghentikan pemberian pakan pada ikan, mengganti pakan dengan jenis yang lain, mengelompokan ikan menjadi kelompok-kelompok yang kepadatanya/densitasanya rendah dan mungkin ikan-ikan dipanen
2.  Berdasarkan terapi kimia
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam tahap ini adalah : di tengelamkan dalam tempat budidaya, disebarkan pada permukaan , dan dicampurkan pada pakan.
Pada ikan Baronang biasanya banyak kedapatan parasit jenis monogenetic trematoda pada bagian insang. Parasit ini dapat dilakukan dengan menggunakan dipterex (organo posfgat, Dylox, Masoten, Negevau).

Pencegahan Penyakit
Untuk mencegah agar ikan yang dibudidaya tidak terkena penyakit dapat dilakukan langkah-langkah seperti berikut : Menjaga jebersihan tempat budidaya, menjaga lingkungan/tidak tercemar oleh limbah industri dan bahan-bahan kimia lainya dan memberikan jenis pakan yang tidak terkontaminasi dengan jamur.

DAFTAR PUSTAKA
Basyari, A. dan E Danakusumah, 1985, Sub Balai Penelitian Budidaya Pantai Bojonegoro Serang.
Basyari, A. dan Tanaka. H, 1985. pengaruh prbedaan kandungan protein dalam diet pada Budidaya Laut Lampung.
Tumurang A dan Syafei L.S, 2005. Buku Seri Kesehatan Ikan “Baronang Sehat Produksi Meningkat”. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian, Jurusan Penyuluhan Perikanan, Bogor.

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...