Thursday 3 February 2011

Kabupaten Banjar Sebagai Kawasan Minapolitan

Kabupaten Banjar adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Martapura. Kabupaten ini memiliki luas wilayah ± 4.688 km² dan berpenduduk sebanyak 506.204 jiwa. Kabupaten Banjar termasuk dalam calon Wilayah Metropolitan Banjar Bakula (http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_banjar).

Perikanan kolam bagi Kabupaten Banjar jadi primadona masyarakat di beberapa kecamatan, hal ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan produksi sebesar 8.966,75 ton pada tahun 2008. Kabupaten Banjar memiliki potensi dengan 3 sungai utama, antara lain sungai Martapura dengan panjang 70 km dan lebar rata - rata 50 m (dari Astambul hingga Banjarmasin). Adapun areal yang dapat dimanfaatkan guna kegiatan budidaya luasnya 427.133 hektar (http://www.dkp.go.id/arsip/c/5531/Minapolitan-Banjar-Patin-Jadi-Komoditas-Unggulan/?category_id=24/03/2010).
Untuk mendukung pengembangan perikanan di kabupaten Banjar, sekarang sedang diterapkan program Minapolitan. Sebagai Minapolisnya ditetapkan di Desa Cindai Alus, Kecamatan Martapura Kota dan kawasan budidaya Riam Kanan, sedangkan daerah hiterlandnya berada di kecamatan Martapura Kota, Kecamatan Martapura Barat dan kecamatan Aranio. Kawasan Minapolitan ini diperkirakan mencapai 1.671 ha dengan ikan patin sebagai komoditas unggulan ditunjang oleh ikan Mas, Ikan Nila, Gabus, Sepat Siam, Papuyu, Betutu, Bawal, Udang Galah, dan Kura - Kura. Legalitas kawasan ini sebagai Minapolitan ditetapkan dengan Surat Bupati Banjar Nomor 309 Tahun 2006 tanggal 15 Mei 2006 tentang UPP dan surat keputusan Bupati Banjar Nomor 241 Tahun 2008 tentang kawasan(http://www.dkp.go.id/arsip/c/5531/Minapolitan-Banjar-Patin-Jadi-Komoditas-unggulan/?category_id=24/03/2010).
Guna mendukung keberhasilan pelaksanaan revitalisasi perikanan maka dipandang perlu mengembangkan kegiatan terpadu dalam pembangunan wilayah pedesaan yang berbasis perikanan dengan melibatkan sektor terkait. Kawasan itu disebut dengan nama kawasan Minapolitan yang ditetapkan dengan keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.41/MEN/2009. Salah satu kawasan tersebut adalah:  Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Tabloid Minapolitan Edisi Minggu 3 November 2009)

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...