Sunday 4 June 2017

MENGENAL DAN MELINDUNGI IKAN TERUBUK





Terubuk atau Toli Shad adalah ikan penghuni perairan estuarin yang ditangkap untuk dimakan daging dan telurnya.
Ada paling sedikit tiga jenis ikan bermiripan yang disebut terubuk atau terubok: Tenualosa macrura, Tenualosa toli, dan Hirsa kalee.
Semuanya merupakan anggota suku Clupeidae dan penghuni perairan tropika hangat di Samudera Hindia sampai Nusantara, dan menyukai wilayah perairan payau.
Ikan yang mempunyai sifat hermafrodit proandri ini menjalani siklus hidup dalam waktu kurang dari dua tahun (18 bulan). Pada tahun pertama kehidupannya akan dilalui sebagai jantan (disebut pias) dan pada tahun kedua akan berganti kelamin menjadi betina (sebagai terubuk). Ikan ini diketahui berpijah sepanjang tahun di sekitar muara Sungai Siak.
Ikan pemakan planktonini populasinya sangat menurun bahkan sedikit sekali yang dapat ditangkap oleh nelayan. Hal ini sangat dimungkinkan karena telah mengalami tekanan ganda, yaitu akibat penangkapan secara terus-menerus terhadap terubuk guna diambil gonad matangnya ("telur") dan kecenderungan degradasi lingkungan (terutama disebabkan oleh serbuk kayu) pada daerah habitat utama ikan tersebut.
Pulau Bengkalis mendapat julukan "Kota Terubuk" karena banyak orang mencari masakan telur ikan tersebut di kota itu. Negeri Sarawak di Malaysia juga terkenal dengan ikan teruboknya.

Sumber:

BPSPL, 2017. Larangan Penangkapan Kepiting, Rajungan dan Lobster. Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang.

https://id.wikipedia.org/wiki/Terubuk

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...