Friday 26 October 2018

CARA MAKAN IKAN

A. Ikan Pengerogot (Grazer)

Ikan yang mengambil makanan dengan cara memunguti sedikit demi sedikit secara berkelompok ataupun satu persatu. Contohnya ikan nilem , ikan mujair, ikan sepat siam ikan-ikan ini biasanya memunguti jasad-jasad yang menempel disela-sela dedaunan tanaman air.

B. Ikan Pemangsa (predator)

Ikan-ikan buas biasanya digolongkan pada ikan-ikan pemangsa, Mangsa dari ikan-ikan predator biasanya adalah hewan-hewan makroskopik yang sampir sama dengan mukaan mulutnya, selain itu juga terdapat gigi yang tajam didalam mulutnya untuk menahan dan memegang mangsanya. Contohnya ikan cakalang, ikan tuna, ikan layur dll.

C. Ikan Penyaring (strainer)

Ikan yang mengambil makanan dengan cara menyeser dengan mulutnya terbuka sambil tetap bergerak maju. Biasanya ikan-ikan pemakan plankton, dengan membuka mulutnya sambil berenang plankton akan tersaring masuk kedalam rongga mulutnya, ketika mulutnya dikatupkan air akan keluar lewat celah ingsangnya sedangkan plankton akan tertinggal dicelah tulang ingsangnya. Contoh ikan penyaring ikan kembung.

D. Ikan Pengisap (sucker)

Ikan yang mengambil makanan dengan cara mengisap lumpuratau pasir didasar perairan makanannya terdiri dari jenis organisme penghuni dasar (bentos), detritu, bakteri dan cendawan. Contoh ikan pengisp yaitu ikan mas.

E. Ikan Parasit

ikan yang mengambil makanannya dengan cara mengisap makanan dengan jalan mengisap sari makanan dari tubuh ikan atau hewan lain dalam keadaan segar/ikan masih hidup. Kebanyakan terdapat pada ikan-ikan dilaut.

Sumber:

Riva’i A. 2012. Aspek Nutrisi Makanan Ikan. Balai Budidaya Air Tawar Mandiangin, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...