Wednesday 8 February 2012

POLA PEMBIAYAAN USAHA KECIL (PPUK) BUDIDAYA PEMBESARAN IKAN MAS DI JARING TERAPUNG


  1. Ikan mas merupakan komoditas budidaya yang menguntungkan, karena ikan ini merupakan ikan yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia secara rutin. Data permintaan ikan mas nasional menunjukkan bahwa potensi pemasaran dari produk in masih terbuka lebar.
  2. Analisa kelayakan usaha budidaya ikan mas di jaring terapung dengan menggunakan lahan 4 petak dan masa invesatasi selama 3 tahun menunjukkan bahwa usaha ini layak untuk dijalankan. Perhitungan laba rugi, NPV, IRR, dan payback period dari usaha ini cukup bagus dan menguntungkan untuk dijalankan.
  3. Usaha budidaya ikan mas di waduk Jatiluhur merupakan bentuk usaha rakyat yang dapat dikembangkan di wilayah lain, terutama di daerah yang memiliki waduk atau danau. Usaha ini terbukti dapat menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat tani, dan memiliki efek domino menggerakan roda perekonomian rakyat. Bentuk usaha yang sudah berjalan di waduk Jatilihur ini dapat dijadikan percontohan bagi daerah lain. Pembinaan dari pemerintah daerah dan instansi terkait serta dukungan dari lembaga keuangan bagi petani akan sangat membantu pengembangan usaha ini di lokasi lain.


Sumber: Bank Indonesia, ------. POLA PEMBIAYAAN USAHA KECIL (PPUK) BUDIDAYA PEMBESARAN IKAN MAS DI JARING TERAPUNG. Direktorat Kredit, BPR dan UMKM Bank Indonesia,  Jakarta.

No comments:

Pengembangan Produk Bekicot Ala Sushi

Permakluman:  Produk-produk yang ditampilkan merupakan Produk Olahan Hasil Perikanan Karya Finalis Lomba Inovator Pengembangan Produk ...